thif-live.com

Hindari Minum Air Putih Dingin, Ini 5 Alasannya

Manfaat dan efek minum air dingin bagi tubuh
Foto: Getty Images/iStockphoto/

Jakarta -

Beberapa orang lebih suka minum air putih dingin. Air putih ini mungkin menyegarkan, tetapi sebenarnya perlu dihindari karena 5 alasan ini.

Air putih merupakan salah satu minuman tersehat yang disarankan untuk selalu diminum setiap hari. Air putih mengandung 0 kalori dan khasiatnya luar biasa.

Minum air putih mampu menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, begitupun dengan fungsi organ lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Oleh sebab itu, setiap harinya disarankan untuk mengonsumsi sekitar delapan gelas berukuran 230 ml atau sama dengan 2 liter air putih.

Namun, setiap orang punya preferensi masing-masing dalam menikmati air putih. Ada yang suka minum air putih biasa, tetapi banyak juga yang suka minum air putih dingin.

ADVERTISEMENT

Bagi yang suka air putih dingin, sebenarnya ini bukan pilihan yang baik. Air dingin dapat mengganggu proses pencernaan, menyebabkan ketidaknyamanan dan kembung.

Air dingin mungkin menyegarkan tenggorokan, tetapi bisa juga menyebabkan masalah pernapasan dengan meningkatkan produksi lendir, dan berdampak buruk pada metabolisme.

Terdapat banyak alasan lain mengapa seseorang sebenarnya perlu menghindari minum air dingin. Merangkum slurrp.com (11/06/2024), ini 5 alasan minum air putih dingin kurang bagus:

1. Picu masalah pencernaan

Manfaat dan efek minum air dingin bagi tubuhMinum air dingin dapat menyebabkan masalah pencernaan. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Minum air dingin dapat menyebabkan kesulitan buang air besar. Air dalam kondisi dingin mampu menyempitkan pembuluh darah, yang memperlambat pemecahan makanan di lambung.

Akibatnya, menimbulkan rasa ketidaknyamanan di perut hingga membuat perut kembung karena makanan sulit diproses dengan air dingin.

Oleh karena itu, beralihlah minum air putih yang berada di suhu normal.

2. Sebabkan masalah pernapasan dan tenggorokan

Manfaat dan efek minum air dingin bagi tubuhMinum air dingin juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Minum air dingin juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan, mulai dari sakit tenggorokan, batuk, dan masalah lainnya yang berhubungan dengan penyakit, batuk dan pilek.

Air dingin juga menghasilkan lendir yang berlebih, sehingga menghambat pernapasan.

Dalam situasi tertentu, sengatan air dingin dapat menyebabkan otot tenggorokan terasa tegang sesaat. Sehingga, membuat proses menelan menjadi tidak nyaman atau nyeri.

Penasaran dengan alasan lain yang menyebabkan seseorang perlu menghindari minum air diingin? Simak pada halaman selanjutnya!



Simak Video "Ditanya Alasan Sekarang 'Ngerem', Ahok Ibaratkan Wiski dan Air Putih"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat