thif-live.com

Konsumsi 5 Sayuran Ini untuk Tingkatkan Imunitas Secara Alami

Konsumsi 5 Sayuran Ini untuk Tingkatkan Imunitas Secara Alami
Foto: Getty Images/iStockphoto/AlexPro9500

Jakarta -

Akhir-akhir ini cuaca masih sulit ditebak. Agar tubuh tak mudah sakit menghadapi pancaroba, konsumsi lima sayuran untuk menguatkan imunitas ini.

Cuaca yang terus berubah membuat tubuh juga harus cepat beradaptasi. Biasanya pada musim pancaroba seperti ini tubuh akan lebih rentan terhadap virus dan bakteri penyakit karena harus beradaptasi dengan cepat.

Selain mengonsumsi vitamin, tubuh juga bisa dijaga imunitasnya dengan asupan makanan yang tepat. Nutrisi dan mineral yang ada di dalam sayuran memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga fungsi organ tubuhnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ahli gizi menyebut ada beberapa sayuran yang secara spesifik dapat menguatkan imun tubuh. Dengan begitu seluruh organ tubuh dan sel-sel di dalamnya lebih tahan terhadap penyakit dan bakteri yang menyerang.

Baca juga: Nyeleneh! Pria Ini Makan Mie Gacoan Dicampur Minuman Sereal

ADVERTISEMENT

Berikut ini 5 sayuran yang dapat menguatkan imunitas tubuh melansir Times of India:

Konsumsi 5 Sayuran Ini untuk Tingkatkan Imunitas Secara AlamiDaun bayam memiliki komponen antioksidan yang baik untuk menguatkan imunitas. Foto: Getty Images/iStockphoto/AlexPro9500

1. Bayam

Sayuran hijau bernama bayam ini sudah menjadi rahasia umum dengan keistimewaannya yang padat nutrisi. Di dalam daun bayam terdapat kandungan vitamin A, C, E, dan juga dilengkapi betakaroten dan antioksidan.

Kombinasi nutrisi tersebut yang kemudian akan membuat tubuh lebih kuat melawan radikal bebas. Apalagi kadar antioksidan di dalam bayam yang cukup untuk melawan infeksi agar tak mengganggu sistem imun tubuh.

Selain itu bayam juga kaya akan zat besi. Sehingga kesehatan sel-sel darah merah lebih terjaga dan tubuh lebih mudah untuk cepat pulih dari bakteri.

2. Brokoli

Nikmatnya brokoli tak hanya menjadi sayuran favorit orang dewasa tetapi juga anak-anak. Sayuran brokoli yang bentuknya unik memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah padat dengan sayuran lainnya.

Hanya dengan mengonsumsi brokoli tubuh akan mendapat asupan vitamin A, C, E, beberapa jenis antioksidan, serta serat dalam waktu bersamaan. Di dalam brokoli yang segar juga terdapat sulforaphane yang terbukti dapat meningkatkan kekebalan imunitas.

Pada berbagai penelitian, konsumsi brokoli terbukti dapat melawan beberapa jenis penyakit. Brokoli mudah ditemukan di Indonesia dan termasuk yang cukup sederhana untuk diolah menjadi berbagai hidangan.

Sayuran sehat untuk menguatkan imunitas lainnya ada di halaman berikutnya.

Simak Video 'Mitos atau Fakta: Konsumsi Kopi Bikin Anak Jadi Pendek':

[Gambas:Video 20detik]



Terkini Lainnya

Tautan Sahabat