thif-live.com

Mengenal Susu UHT: Pengertian, Manfaat, dan Efek Sampingnya

Mengenal Perbedaan Susu Evaporasi, Susu UHT, dan Kental Manis
Ilustrasi susu UHT atau ultra-high temperature. Foto: Getty Images/alvarez

Daftar Isi
  • Apa Itu Susu UHT?
  • Manfaat Susu UHT
  • 1. Kaya Nutrisi 2. Sumber Protein 3. Menjaga Kesehatan Tulang 4. Mencegah Keracunan Makanan
  • Efek Samping Susu UHT
  • 1. Alergi Susu 2. Intoleran Laktosa 3. Jerawat
Jakarta -

Susu adalah minuman yang cukup digemari oleh segala kalangan usia. Ada berbagai jenis susu yang beredar di pasaran. Salah satunya yang sering kita dengar adalah susu UHT (ultra-high temperature).

Susu UHT mudah ditemukan di pasaran dalam berbagai merek dan rasa. Apakah susu UHT itu? Dan apa saja manfaat susu UHT? Simak di artikel berikut.

Apa Itu Susu UHT?

Mengutip Greenfields, susu UHT adalah susu yang sudah melalui proses pemanasan dengan suhu sangat tinggi untuk menghilangkan bakteri. Prosesnya mirip dengan metode memanaskan pada susu pasteurisasi, tetapi durasi dan suhunya berbeda.

Mengutip Dairy Australia, susu pasteurisasi dipanaskan pada suhu 74 derajat celcius selama 15 detik. Sementara susu UHT dipanaskan pada suhu 140 derajat celcius selama 2 detik, lalu dikemas secara aseptik (bebas dari infeksi).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Karena dipanaskan pada suhu yang lebih tinggi, bakterinya berkurang secara signifikan. Oleh karena itu, susu UHT bertahan lebih lama di luar kulkas jika dibandingkan dengan susu pasteurisasi.

Tetapi setelah dibuka, susu UHT tetap harus dimasukkan dalam kulkas dan bertahan selama sekitar 7 hari seperti susu lain. Susu UHT kebanyakan terbuat dari susu sapi segar.

Namun, ada juga merek susu UHT yang menggunakan susu yang sudah dibentuk kembali. Maksudnya, produknya berasal dari bubuk susu dan dicampur dengan air agar jadi susu cair. Susu UHT seperti ini biasanya lebih murah daripada susu UHT segar.

Karena telah diproses dengan suhu tinggi, rasa susu UHT memang sedikit berbeda dari susu segar karena rasa proteinnya telah berubah. Selain hal tersebut, susu UHT mengandung nutrisi yang sama dengan susu segar biasa.

ADVERTISEMENT

Manfaat Susu UHT

Ini beberapa manfaat dari susu UHT:

1. Kaya Nutrisi

Susu UHT, sama seperti jenis susu lainnya, kaya akan nutrisi. Susu UHT mengandung nutrisi seperti kalsium, fosfor, potasium, riboflavin, zink, vitamin A, vitamin B12, magnesium, karbohidrat, dan protein. Susu UHT cocok untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

2. Sumber Protein

Susu merupakan sumber protein yang sangat baik. Menurut MyNetDiary, 1 gelas susu UHT mengandung 8 gram protein.

Tak hanya itu, mengutip Healthline, susu merupakan sumber protein komplit. Ini berarti susu mengandung semua asam amino yang penting untuk tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Susu kaya akan kalsium, potasium, fosfor, dan protein yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, susu juga merupakan sumber vitamin D, vitamin K, fosfor, dan magnesium.

Vitamin dan mineral ini diperlukan agar tubuh mampu menyerap kalsium dengan baik. Minum susu, termasuk susu UHT, secara rutin membantu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

4. Mencegah Keracunan Makanan

Susu UHT lebih aman dibandingkan susu lain yang tidak diproses. Ini karena susu UHT sudah dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi, sehingga aman dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa tanpa harus khawatir akan bakteri-bakteri berbahaya.

Efek Samping Susu UHT

Meski memiliki banyak manfaat, susu UHT tidak cocok untuk semua orang. ini beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan susu UHT.

1. Alergi Susu

Menurut artikel tahun 2019 karya Sackesen dkk. yang terbit di jurnal Frontiers in Pediatrics, 7.5% anak-anak memiliki alergi pada susu. Jika mengonsumsi susu, mereka bisa mengalami beberapa efek samping, misalnya eczema, diare, dan sembelit.

Anak-anak bisa sembuh dari alergi susu dengan sendirinya, tetapi orang dewasa juga bisa alergi susu meski sebelumnya tidak alergi.

2. Intoleran Laktosa

Efek samping susu UHT juga bisa timbul pada orang yang intoleran terhadap laktosa. Susu UHT kebanyakan terbuat dari sapi, sementara susu sapi mengandung lebih banyak laktosa dibandingkan susu dari hewan lain. Orang yang intoleran terhadap laktosa masih bisa mengonsumsi susu UHT dalam jumlah sedikit.

3. Jerawat

Terlalu banyak minum susu rendah lemak bisa menimbulkan efek samping jerawat. Riset tahun 2016 karya LaRosa dkk. yang terbit di Journal of American Dermatology Association menemukan bahwa remaja yang berjerawat mengonsumsi jauh lebih banyak susu rendah lemak.

Hal ini bisa jadi karena susu memengaruhi beberapa hormon tertentu, seperti insulin. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan kaitan susu dengan jerawat.

Itu dia pengertian, manfaat, dan efek samping dari susu UHT. Semoga bermanfaat!



Kenalan Sama Keju Mazaraat, Keju Organik Produk Lokal

Kenalan Sama Keju Mazaraat, Keju Organik Produk Lokal


(khq/khq)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat