thif-live.com

Tambahkan Kayu Manis pada Kopi Untuk Dapat 3 Manfaat Sehat Ini

Campuran kopi dan kayu manis ternyata lebih menyehatkan
Foto: Getty Images

Jakarta -

Racikan kopi hitam bisa ditambahkan rempah untuk memaksimalkan manfaat sehatnya. Seperti menambahkan bubuk kayu manis ke dalam racikan kopi.

Kopi hitam biasa dinikmati polos atau ditambahkan gula. Namun, ada juga racikan kopi yang dicampurkan kayu manis sebagai pemanis alami. Rempah beraroma harum ini juga memberikan sejumlah manfaat baik bagi kesehatan.

Dilansir dari Well and Good (21/5), kayu manis cocok dicampurkan ke dalam kopi. Dr. Bulsiewicz menjelaskan manfaat kayu manis pada racikan kopi hitam yang ternyata dapat membuat kopi jadi lebih ramah usus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bubuk kayu manis ini paling cocok karena bahannya yang mudah ditemui dan murah harganya. Kayu manis juga bisa memberikan aroma harum dan sensasi rasa yang manis agak pedas.

Berikut 3 manfaat sehat kopi ditambahkan kayu manis:

1. Mengandung Zat Antioksidan

Dr. Bulsiewicz mengatakan bahwa kopi merupakan sumber zat antioksidan nomor satu dalam pola makan orang Amerika. Hal itu dikarenakan kopi mengandung polifenol yang tinggi, senyawa tanaman dengan sifat antioksidan ini dapat membantu melawan peradangan dan menangkal penyakit kronis, seperti kanker.

ADVERTISEMENT

"Polifenol juga bersifat prebiotik, artinya dapat membentuk mikrobioma," jelas Dr. Bulsiewicz.

Jadi, menambahkan sejumput kayu manis bisa membangkitkan tenaga polifenol lainnya. Sehingga ketika bertemu dengan kopi yang kaya antioksidan bisa lebih meningkatkan manfaatnya.

2. Menambahkan Serat

Sebuah studi menunjukkan bahwa rempah-rempah kayu manis memiliki senyawa bioaktif. Hal itu dapat meningkatkan fungsi otak, terutama memori dan pembelajaran.kayu manis Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula

Dr. Bulsiewicz juga mengatakan bahwa secangkir kopi ini sumber serat pendukung usus yang baik. "Kebanyakan orang tidak menyadarinya, padahal kopi sebenarnya mengandung dua jenis serat, yaitu serat larut dan serat prebiotik," ungkapnya.

Kandungan serat pada kopi ini juga dianggap sebagai prebiotik alias serat yang dapat difermentasi dan memberi makan bakteri baik pada usus. Kayu manis juga diketahui sumber serat, 1 sendok teh kayu manis saja mengandung lebih dari 1 gram serat.

Manfaat lain dari mengonsumsi kopi dan kayu manis bisa lihat di halaman selanjutnya...



Simak Video "Kopi Kethip, Kebun Angker yang Disulap Jadi Angkringan"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat