thif-live.com

Pria Hati-hati! Konsumsi Makanan Ini Dikaitkan dengan Risiko Mandul

Promo Anggur
Foto: Getty Images/Nungning20

Jakarta -

Bagi pria yang berencana memiliki buah hati harus memperhatikan pola makannya. Hindari konsumsi beberapa makanan yang disebutkan meningkatkan risiko pria mandul. Ini daftarnya!

Fertilitas pria berkaitan erat dengan pola makannya. Para peneliti menemukan pestisida menjadi faktor pemengaruh yang kuat.

Mereka mengungkap kaitan erat antara pestisida dengan kuantitas sperma yang bisa memengaruhi fertilitas pria. Menurut analisis studi terbaru selama 50 tahun terakhir, pestisida berkontribusi terhadap penurunan drastis jumlah sperma pria di seluruh dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Selama 50 tahun, konsentrasi sperma telah turun sekitar 50% di seluruh dunia. Yang belum diketahui adalah alasan di balik ini," kata penulis studi senior Melissa Perry, dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas George Mason di Fairfax, Virginia, seperti dikutip dari CNN Internasional.

Meskipun ada banyak faktor lain yang berkontribusi, penelitian tersebut menunjukkan hubungan yang kuat antara dua insektisida umum, organofosfat dan N-metil karbamat, dalam penurunan konsentrasi sperma.

ADVERTISEMENT

Salah satu senyawa yang paling sering digunakan di dunia, organofosfat adalah komponen utama gas saraf, herbisida, pestisida dan insektisida dan juga digunakan untuk membuat plastik dan pelarut.

"Senyawa itu banyak digunakan di bidang pertanian untuk sayur/buah yang kita makan," kata Perry.

N-metil karbamat secara struktural dan operasional mirip dengan organofosfat, yakni untuk membunuh serangga dengan merusak otak dan sistem saraf mereka. Bahan-bahan tersebut digunakan untuk membuat insektisida yang digunakan untuk berbagai tanaman ladang, buah-buahan, dan sayuran untuk mengendalikan hama.

Baca juga: Slurrp! Begini Sensasi Minum Kopi Sultan yang Viral Diantre Orang

Strawberry untuk ibu hamilKonsumsi strawberry dapat sebabkan kemandulan pada pria. Foto: Getty Images/iStockphoto/xamtiw

Dampak yang signifikan

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Environmental Health Perspectives ini meneliti 25 penelitian di seluruh dunia mengenai kedua bahan kimia tersebut dan memasukkan 20 penelitian dalam meta-analisis. Studi-studi tersebut mengamati 42 tingkat dampak yang berbeda di antara 1.774 pria di 21 populasi penelitian yang berbeda.

Penelitian menemukan bahwa laki-laki yang lebih banyak terpapar pestisida, seperti mereka yang bekerja di bidang pertanian, memiliki konsentrasi sperma yang jauh lebih sedikit dibandingkan laki-laki yang paling sedikit terpapar organofosfat dan N-metil karbamat.

Konsentrasi sperma adalah ukuran sperma per mililiter air mani, sedangkan jumlah sperma adalah jutaan sperma dalam seluruh ejakulasi. Menurut para ahli, jumlah sperma dan jumlah total sperma yang berenang secara progresif di dalam air mani merupakan ukuran yang lebih penting untuk kesuburan di masa depan.

Daftar buah dan sayur tinggi pestisida

Lantas apa saja buah dan sayur yang kerap tinggi pestisida? Melansir CNBC Make It, sejak 2004 lalu, Environmental Working Group (EWG) bersama Departemen Pertanian dan Food and Drug Administration (FDA) atau BPOM AS menganalisis data peringkat produk non-organik dengan pestisida terbanyak setiap tahunnya.

"Lebih dari 90 persen sampel stroberi, apel, ceri, bayam, nektarin, dan anggur dinyatakan positif mengandung residu dua atau lebih pestisida," kata laporan EWG, dikutip Minggu (2/4/2023).

Kegunaan buah pir pada makanan KoreaPir yang segar dapat memicu risiko kemandulan pada calon bapak. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Berikut adalah daftar buah dan sayur yang paling banyak mengandung pestisida:

* Stroberi
* Bayam
* Kale dan Sawi
* Buah Persik
* Buah Pir
* Buah Nektarin
* Apel
* Anggur
* Cabai
* Ceri
* Bluberi
* Kacang Hijau

Artikel ini sudah tayang CNBC Indonesia dengan judul Duh! Makanan Sehari-Hari Ini Ternyata Bisa Bikin Pria Mandul



3 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jakarta yang Buka 24 Jam

3 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jakarta yang Buka 24 Jam


(dfl/adr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat