thif-live.com

5 Buah dan Sayuran Ini Ternyata Punya Asal Usul Unik

5 Buah dan Sayuran Ini Ternyata Punya Asal Usul Unik
Foto: ranker.com

Jakarta -

Seperti makanan lainnya, buah dan sayuran pun punya asal usul atau sejarah yang panjang. Bahkan, buah dan sayuran segar ini punya bentuk jauh berbeda dari sekarang.

Sebagian orang mungkin berasumsi buah dan sayuran yang biasa dimakan saat ini sudah tersedia sejak lama dan memiliki bentuk maupun ukuran yang sama dari dulu. Faktanya tidak seperti itu.

Sejumlah buah dan sayuran dari tanaman ini ternyata juga ada yang diciptakan oleh manusia dengan memanfaatkan proses pembiakan selektif yang lambat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Para petani memilih karakteristik tertentu untuk mengembangbiakkan tanaman tersebut lebih lanjut. Proses ini pun mengubah beberapa buah dan sayuran favorit, seperti pisang, apel, tomat, dan jagung.

Metode tersebut mampu mengubah buah dan sayuran dari yang tadinya punya rasa hambar dan tidak enak, menjadi buah dan sayur lezat yang disukai banyak orang saat ini.

ADVERTISEMENT

Lantas, buah dan sayuran apa saja yang sebenarnya punya asal usul berbeda? Melansir ranker.com (01/06/2024), berikut daftarnya!

1. Strawberry

5 Buah dan Sayuran Ini Ternyata Punya Asal Usul UnikStrawberry juga awalnya kecil dan tidak lezat seperti sekarang. Foto: ranker.com

Strawberry merupakan jenis buah beri yang identik memiliki bentuk mirip seperti hati, berwarna merah, dan berpori.

Meskipun buah beri merah ini telah lama dikenal sebagai buah yang enak, tetapi awalnya buah ini tidak banyak dimakan. Sebab, ukurannya sangat kecil dan rasanya tidak terlalu lezat.

Pada tahun 1300-an, orang Prancis mulai membudidayakan strawberry liar untuk membuatnya lebih lezat. Sayangnya strawberry itu tetap punya ukuran yang kecil.

Seorang mata-mata dari Prancis pun datang dan menyelundupkan strawberry chilli dari Chile pada tahun 1714. Keunggulan strawberry ini adalah ukurannya yang jauh lebih besar daripada jenis strawberry Eropa lainnya. Sampai akhirnya mereka berhasil menghasilkan jenis strawberry yang dikenal saat ini.

2. Persik

5 Buah dan Sayuran Ini Ternyata Punya Asal Usul UnikBuah persik juga awalnya tidak seperti sekarang. Foto: ranker.com

Buah persik atau dikenal juga dengan sebutan buah peach, punya asal usul yang unik.

Dalam budaya China, pohon persik melambangkan umur panjang dan keberuntungan. Mungkin karena ini, buah persik pun menjadi salah satu buah tertua yang dibudidayakan.

Persik liar awalnya adalah buah kecil dan asam, dengan bjji yang meliputi lebih dari 35% dari keseluruhan buah.

Sedangkan persik saat ini punya ukuran jauh lebih besar dan lebih manis, dengan biji hanya meliputi 10% dari buah. Buahnya juga mengandung banyak air dan memiliki bulu halus.

Asal usul buah dan sayuran lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya!



Simak Video " Cita Rasa Autentik Sate Matang-Ayam Tangkap Khas Aceh"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat