thif-live.com

9 Minuman Detoks Ginjal, Bantu Buang Racun dalam Tubuh!

Ilustrasi manfaat minum air putih setelah bangun tidur
Air putih, salah satu minuman detoks ginjal. Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur

Daftar Isi
  • 9 Minuman Detoks Ginjal
  • 1. Air Putih 2. Jus Wortel 3. Jus Buah Bit 4. Jus Jeruk 5. Jus Apel 6. Perasan Lemon 7. Jus Melon 8. Jus Semangka 9. Teh Herbal
Jakarta -

Ada minuman yang bisa dikonsumsi untuk membersihkan ginjal kotor atau mengalami kerusakan. Minuman detoks ginjal ini dapat mengusir limbah sisa metabolisme yang menumpuk dan berisiko menyebabkan kondisi seperti batu ginjal melalui urine.

Sejumlah minuman ini terbuat dari bahan alami yang mudah ditemukan. Cara buatnya pun gampang dan dapat dibikin sendiri di rumah. Lantas, ada apa saja minuman untuk pembersih ginjal?

9 Minuman Detoks Ginjal

Ada sejumlah minuman pembersih ginjal yang dapat dikonsumsi untuk menghilangkan racun di organ tersebut. Dilansir GoodRx dan Healthline, berikut beberapa minuman detoks ginjal yang bisa dibuat sendiri di rumah:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Air Putih

Setiap organ di dalam tubuh membutuhkan air agar dapat bekerja dengan baik. Begitu juga dengan ginjal. Ginjal memerlukan air untuk mengeluarkan urine. Lewat urine, limbah sisa metabolisme di dalam tubuh seperti urea dan racun akan terbuang.

Namun jika asupan air sedikit, produksi dan volume urine akan rendah. Limbah sisa pun jadi menumpuk di dalam tubuh. Dan ini dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

ADVERTISEMENT

Karena itu, minum air putih yang cukup itu penting agar ginjal dapat membuang zat sisa berlebihan. Terlebih ini penting untuk detoksifikasi dan menjaga kesehatan ginjal secara menyeluruh.

2. Jus Wortel

Jus wortel dapat memberi efek antioksidan bagi tubuh. Penelitian terhadap tikus menemukan wortel yang dikonsumsi bersamaan dengan obat perusak ginjal bisa melindungi organ tersebut dari kerusakan.

Meski efeknya belum terbukti pada ginjal manusia, tapi jus wortel dapat dikonsumsi rutin. Lantaran buah ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga memelihara kulit dna rambut.

3. Jus Buah Bit

Jus bit juga memiliki sifat antioksidan. Studi terhadap hewan menunjukkan efek antioksidan buah ini bantu melindungi dari ginjal dari kerusakan. Selain itu, jus bit diyakini bisa meningkatkan aliran darah ke ginjal.

Beberapa bukti lain menemukan buah bit dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah tinggi diketahui bisa memberatkan ginjal. Karena itu, jus bit boleh coba dikonsumsi untuk menstabilkan tekanan darah.

4. Jus Jeruk

Jeruk mengandung asam sitrat yang dapat cegah pembentukan batu ginjal. Caranya dengan mengikat kalsium dalam urine sehingga pertumbuhan kristal yang menyebabkan batu ginjal bisa terhambat.

Buah jeruk dapat diolah menjadi minuman jus untuk mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal kalsium oksalat. Efek tersebut bisa terlihat pada pengidap batu ginjal maupun orang yang sehat.

5. Jus Apel

Uji penelitian memperlihatkan urine orang yang rutin minum jus apel punya kemungkinan yang kecil untuk membentuk batu ginjal kalsium oksalat. Walau ini adalah penelitian skala kecil, jus apel bisa diminum karena bukan hanya menawarkan perlindungan bagi ginjal tetapi juga bagi mata, gigi, dan jantung.

6. Perasan Lemon

Air perasan lemon juga mengandung sitrat yang bisa detoks ginjal dengan mengikat kelebihan kalsium penyebab pembentukan kristal.

Bukan hanya mengurangi risiko terkena, sebuah penelitian menemukan konsumsi rutin perasan lemon dapat mencegah batu ginjal muncul kembali pada orang yang pernah mengalaminya.

7. Jus Melon

Lagi-lagi asam sitrat pada buah seperti melon dapat menurunkan risiko terkena batu ginjal. Zat tersebut bantu membuang kelebihan kalsium melalui urine. Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam melon juga bantu ginjal bisa bekerja menyaring produk limbah dan mengeluarkannya lewat urine.

Oleh karenanya, jus melon bisa dibuat di rumah untuk membersihkan ginjal. Buah ini juga cocok jadi camilan selama musim kemarau yang terik.

8. Jus Semangka

Kandungan air yang tinggi dalam semangka dapat bantu tubuh memperoleh asupan cairan yang dibutuhkan. Buah ini juga bisa menghidrasi tubuh sehingga organ-organ di dalamnya, termasuk ginjal, menjalankan fungsinya dengan baik.

Tubuh yang mendapatkan asupan cairan yang cukup maka produksi urine normal. Limbah sisa metabolisme tidak akan menumpuk dan justru ikut terbuang lewat urine. Demikian masalah ginjal seperti batu ginjal dapat dihindari. Untuk mengkonsumsi melon dapat dibuat jus atau langsung dimakan.

9. Teh Herbal

Selain jus buah-buahan, teh herbal yang terbuat dari jahe, ginseng, atau kunyit juga dapat diminum untuk membersihkan organ ginjal.

Dilansir Verywell Health, kunyit diyakini bisa mengurangi urea, mencegah peradangan pada ginjal dan bantu mengeluarkan limbah melalui urine. Sementara jahe bantu membatasi toksisitas ginjal.

Teh dari sejumlah rimpang tersebut dapat dibuat dengan merendamnya dalam segelas air panas dan dibiarkan selama beberapa menit kemudian diminum. Bisa juga direbus dalam air terlebih dahulu dan baru diminum bila sudah hangat.

Nah, itu tadi sederet minuman detoks ginjal yang dapat dicoba untuk membersihkan organ tersebut. Hasilnya diharapkan bisa berdampak menyeluruh untuk menurunkan risiko terkena penyakit, misal batu ginjal.



Fakta-fakta Makan Jengkol Bikin Ginjal Rusak, Benarkah?

Fakta-fakta Makan Jengkol Bikin Ginjal Rusak, Benarkah?


(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat