thif-live.com

Konsumsi Rutin 5 Minuman Kaya Antioksidan Ini agar Awet Muda

minum kopi
Foto: Getty Images/Pheelings Media

Jakarta -

Antioksidan adalah salah satu senyawa penting untuk melawan radikal bebas dan kerusakan sel. Tidak hanya dari makanan, antioksidan juga bisa didapat dari 5 minuman ini.

Antioksidan merupakan senyawa yang bekerja melindungi diri dari penyerangan radikal bebas berbahaya yang dapat merusak sel-sel tubuh, hingga menyebabkan penyakit.

Sedangkan radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di dalam tubuh atau masuk melalui lingkungan sekitar, seperti dari asap rokok dan polusi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketika kadar radikal bebas masuk terlalu tinggi, mereka bisa merusak sel-sel sehat yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan serius. Bahkan bisa membuat penampilan tidak awet muda.

Namun, tidak perlu khawatir karena antioksidan bisa ditemukan pada sejumlah makanan sehat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian utuh, bahkan di beberapa minuman juga ada.

ADVERTISEMENT

Memasukkan makanan dan minuman ini ke dalam pola makan sehari-hari mampu menjaga pertahanan internal tubuh agar tetap kuat dan sehat.

Untuk mendapatkan manfaat sempurna, tidak hanya makanan, sehari-hari kamu juga bisa menikmati minuman kaya antioksidan.

Berikut 5 jenis minuman kaya antioksidan, seperti dilansir dari eatingwell.com (25/05/2024).

1. Teh hijau

Hobi Makan Gorengan? Bisa Netralisir Pakai Teh Hijau hingga BuahTeh hijau termasuk minuman kaya akan antioksidan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Foto: Ilustrasi iStock

Teh hijau memiliki ragam khasiat baik. Erin Davis, MS, RDN, CDCES, seorang ahli diet terdaftar mengungkap minuman antioksidan yang menjadi pilihan utamanya adalah teh hijau.

Menurutnya, senyawa dalam teh hijau terutama katekin telah diteliti dengan baik dan terbukti dapat menurunkan gula darah, melindungi sistem saraf, dan memiliki khasiat antikanker.

Disarankan juga menambah sedikit perasan lemon karena menurut penelitian yang disebut eating well, sari buah lemon yang dicampur dengan teh hijau dapat membuat tubuh menyerap antioksidan dengan lebih baik.

2 Jus delima

Ilustrasi jus delimaMinum jus delima juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Foto: Getty Images/PhotoIris2021

Buah merah delima yang cerah ini juga menjadi salah satu pilihan yang tepat. Buah yang dijadikan jus itu bisa mulai dikonsumsi karena kaya akan antioksidan.

Marie Spano, MS, RD, CSCS, CSSD menjelaskan, jus buah delima yang 100 persen dibuat dengan sari delima asli menjadi minuman yang mengandung polifenol baik untuk kesehatan.

Marie juga menambahkan, dalam sebuah penelitian jus buah delima 100% memiliki potensi antioksidan lebih besar daripada anggur merah atau teh hijau.

Daftar minuman antioksidan lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya!



Simak Video "Melawan Dampak Buruk Polusi Udara dengan Teh Hijau"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat