thif-live.com

Jangan Minum Teh dengan 5 Makanan Ini agar Manfaatnya Maksimal

Ilustrasi minum teh.
Foto: Getty Images/Jerome Tisne

Jakarta -

Teh dianggap cocok dipadukan dengan makanan apapun. Faktanya, agar mendapat manfaat maksimal, lebih baik hindari minum teh dengan 5 makanan ini.

Teh yang dikenal punya banyak khasiat seringkali diminum berbarengan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Minuman ini pun banyak dijadikan minuman utama pengganti air putih.

Meskipun minum teh sambil menikmati makanan atau kudapan tertentu terasa pas, tetapi tidak semua makanan baik dipadukan dengan minuman ini. Terdapat sejumlah makanan yang jika dikombinasikan dengan teh justru bisa menghilangkan manfaat dari teh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Agar tubuh tetap mendapat manfaat terbaik dari teh, sebaiknya hindari minum teh dengan 5 makanan ini, seperti dilansir dari Indianexpress.com.

1. Buah citrus

jeruk baliBuah citrus seperti jeruk hingga lemon disarankan tidak dimakan bersama teh. Foto: Getty Images/500px Asia/Hubei territory Network Technolo

Sebaiknya jangan minum teh sembari makan buah-buahan citrus, mulai dari jeruk biasa maupun lemon.

ADVERTISEMENT

Sebab, jeruk dapat menyebabkan masalah pencernaan ketika dimakan bersama dengan teh. Tingkat keasaman tinggi pada jeruk dapat mengganggu antioksidan berupa katekin yang ada dalam teh.

Sebaiknya hindari campur teh dengan lemon. Penambahan lemon dapat membuat teh menjadi lebih asam, yang akhirnya memicu terjadinya perut kembung.

Campuran teh lemon juga dapat menimbulkan masalah refluks asam hingga menyebabkan perut terasa mulas di pagi hari.

2. Sayur mengandung zat besi

Ilustrasi tumis brokoliMakan makanan mengandung zat besi juga sebaiknta dihindari, Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2

Makanan yang kaya akan zat besi juga sebaiknya perlu dipisahkan konsumsinya dari teh.

Meskipun zat besi bermanfaat dalam mencegah anemia hingga menjaga sistem pencernaan, tetapi bukan pilihan baik mengonsumsinya bersamaan dengan teh.

Teh mengandung tanin dan oksalat yang dapat menghalangi penyerapan zat besi dari makanan mengandung zat besi tersebut.

Senyawa dalam teh dapat mengikat zat besi yang terkandung dalam sayuran atau makanan lain, sehingga mencegah penyerapannya dalam darah.

Sejumlah makanan yang perlu dihindari, seperti brokoli, kale, bayam, kacang-kacangan, hingga makanan laut.

Jenis makanan lain yang sebaiknya tidak dikonsumsi dengan teh bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat