thif-live.com

7 Fakta Nutrisi Dada Ayam, Makanan Sehat yang Populer Buat Diet

dada ayam
Foto: iStock

Jakarta -

Dada ayam banyak dikonsumsi pelaku hidup sehat, termasuk mereka yang ingin membangun massa otot. Selain itu, dada ayam punya banyak fakta nutrisi menarik yang perlu diketahui pelaku hidup sehat.

Menjalani pola hidup sehat kini banyak dilakukan orang-orang, terutama di ibu kota. Mereka rutin olahraga di gym hingga memperhatikan pola makannya.

Salah satu bahan makanan sehat yang banyak dikonsumsi, dada ayam. Sumber protein rendah lemak ini digemari karena rasanya yang enak dan mengolahnya praktis dengan aneka bumbu sesuai selera.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di balik kepopuleran dada ayam, banyak pelaku hidup sehat belum mengetahui benar fakta nutrisi dada ayam. Seperti apa kandungan nutrisi dan manfaat spesifiknya untuk kesehatan?

Mengutip Times of India (5/7/2024), berikut 7 fakta nutrisi dada ayam:

ADVERTISEMENT

1. Tinggi protein

Membicarakan nutrisi dada ayam, maka yang menonjol adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Tiap 100 gram penyajian dada ayam matang mengandung sekitar 31 gram protein.

Zat gizi makro ini berperan penting dalam memperbaiki dan membangun otot, terutama setelah olahraga intens. Asam amino dalam protein juga berperan sebagai blok pembangun jaringan otot sehingga membantu penyembuhan terkait masalah otot dan hipertrofi.

2. Rendah lemak

Raw chicken breasts and spices on wooden cutting board, close up viewFoto: Getty Images/iStockphoto/voltan1

Kabar baik untuk yang mau hidup sehat sekaligus menurunkan berat badan, dada ayam termasuk bahan makanan rendah lemak. Tiap 100 gram penyajiannya mengandung sekitar 3,6 gram lemak dengan kurang dari 1 gram adalah lemak jenuh.

Sifat dada ayam yang rendah lemak ini membuatnya jadi alternatif makanan yang aman untuk kesehatan jantung. Makan dada ayam juga bantu mempertahankan berat badan yang ringan sehingga menguntungkan untuk otot.

3. Kaya vitamin

Nutrisi penting lain dari dada ayam adalah sumber vitamin esensial, termasuk vitamin B seperti niacin (B3), pyridoxine (B6), dan riboflavin (B2).

Jenis vitamin ini berperan penting dalam metabolisme energi, membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Manfaat ini penting untuk mereka yang suka olahraga intens dan ingin mengembangkan otot.

4. Mengandung mineral

Ilustrasi dada ayamFoto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk

Dada ayam juga mengandung mineral seperti fosfor, selenium, dan potasium. Fosfor berperan penting untuk kesehatan tulang, sementara selenium bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.

Lalu ada potasium yang bantuk mempertahankan keseimbangan cairan tubuh dan kontraksi otot. Secara keseluruhan, asupan mineral ini menyehatkan tubuh dan meningkatkan performa fisik.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat