thif-live.com

5 Makanan Sederhana yang Bisa Bantu Perpanjang Umur

Panjang umur
Foto: iStock

Jakarta -

Pola makan yang sehat membantu orang hidup lebih lama. Ada beberapa makanan sederhana yang disarankan dokter untuk membantu orang berusia panjang.

Ada banyak makanan sehat yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari penyakit hingga virus berbahaya. Sementara beberapa makanan lainnya, disebut bisa membantu seseorang hidup lebih lama atau panjang umur.

Dilansir dari TOI (09/07), Dokter James DiNicolantonio, dikenal sebagai ahli kesehatan dan ahli gizi yang baru-baru ini mengeluarkan daftar makanan terbarunya. Daftar makanan ini berisi beberapa jenis makanan yang sebaiknya dimakan orang-orang, jika ingin hidup mencapai angka 100 tahun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hampir semua makanan yang disarankan merupakan makanan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Harganya juga tidak terlalu mahal, jadi bisa dikonsumsi oleh semua orang dari berbagai kalangan.

Mulai dari madu jenis raw honey, yang disebut bisa menurunkan risiko terserang berbagai jenis kanker. Kemudian ada buah pisang hijau, yang membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh dan masih banyak lagi.

ADVERTISEMENT

Berikut lima makanan sederhana yang bisa membantu panjang umur.

1. Acar Timun dan Kimchi

Ilustrasi KimchiIlustrasi Kimchi Foto: iStockphoto/Getty Images/Zania Studio

Makanan fermentasi yang dimaksud di sini bukan makanan fermentasi kemasan yang sudah ditambah pengawet hingga penguat rasa. Melainkan makanan yang difermentasi secara alami.

Misalnya seperti kimchi atau acar timun. Makanan fermentasi ini cukup rendah kalori. Dalam 100 gram acar mentimun terdapat sekitar 18 kalori.

Menurut TOI, makanan fermentasi yang alami ini bisa membantu mengubah metabolisme tubuh. Makanan-makanan ini bisa mengubah cara perut mencerna makanan.

Hal ini dikarenakan makanan fermentasi memiliki kandungan prebiotik yang kaya dengan antioksidan, dan antimicrobial. Di mana keduanya berhubungan erat dengan kesehatan pada tubuh manusia yang memperlambat proses penuaan dan membuat orang panjang umur.

2. Madu

Beautiful asian young woman professional masseuse holding honey cup for spa body treatment in spa salon. Female masseuse prepared pure honey for facial mask. Beauty treatment and healthcare concept.Beautiful asian young woman professional masseuse holding honey cup for spa body treatment in spa salon. Female masseuse prepared pure honey for facial mask. Beauty treatment and healthcare concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/Apiwan Borrikonratchata

Istilah raw honey atau madu mentah, merupakan jenis madu yang lebih sehat karena tidak melalui proses penambahan apapun dan kualitasnya dijamin asli 100%. Karakteristik rasa madu ini jauh lebih manis dan lembut, dibandingkan jenis madu yang sudah melalui beberapa proses pengolahan.

Rata-rata dalam 100 gram madu mentah, terdapat sekitar 332 kalori dengan. Lengkap dengan tambahan 78 karbohidrat.

Nah dari data kesehatan yang ada, madu mentah bisa membantu menurunkan risiko seseorang terserang kanker dan penyakit jantung lainnya. Dalam penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Health, mereka menjelaskan efek madu sudah diteliti secara menyeluruh.

Terutama pada kanker payudara, kanker hati hingga kanker usus besar. Studi ini menunjukkan bahwa madu sangat toksik atau menghentikan pertumbuhan kanker sel atau tumor. Namun jinak jika berhadapan dengan sel normal yang tidak berbahaya dalam tubuh.

3. Kangkung hingga Sawi

Resep Tumis Kangkung Daging SapiTumis Kangkung Daging Sapi Foto: Getty Images

Sayuran hijau diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Jika disantap setiap hari tulang lebih sehat dan umur lebih panjang. Jenis sayuran hijau sendiri cukup banyak. Ada bayam, kale, selada, pakcoy, brokoli, sawi, kangkung, hingga asparagus.

Hal ini dijelaskan dalam penelitian tahun 2017 yang diterbitkan di International Journal of Epidemiology. Peneliti menemukan adanya hubungan antara konsumsi sayuran hijau, dengan meningkatkan kesehatan.

Mereka menyimpulkan orang-orang yang rajin makan sayuran hijau, diimbangi dengan buah-buahan jauh lebih panjang umur dibandingkan mereka yang jarang makan sayur.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat