thif-live.com

Manfaat Susu Kedelai untuk Diet Turunkan BB, Mitos atau Fakta?

Susu Kedelai
Ilustrasi manfaat susu kedelai. Foto: Getty Images/iStockphoto

Daftar Isi
  • Benarkah Susu Kedelai Bagus untuk Diet?
  • Nutrisi Susu Kedelai
  • Aturan Minum Susu Kedelai untuk Diet
Jakarta -

Susu kedelai umumnya jadi alternatif bagi orang yang alergi susu sapi. Namun, tak sedikit yang mengkonsumsi susu kedelai karena diyakini dapat bantu untuk diet turunkan berat badan (BB).

Sejumlah nutrisi yang yang terkandung serta kalori rendah di dalamnya lah yang menjadi alasan susu kedelai dimanfaatkan sebagian orang untuk diet. Akan tetapi, benarkah susu kedelai bermanfaat untuk turunkan berat badan?

Benarkah Susu Kedelai Bagus untuk Diet?

Dilansir Healthline, susu kedelai dapat berguna untuk diet turunkan berat badan. Susu ini dukung penurunan BB dengan menjadi sumber protein dan pilihan rendah kalori yang baik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Protein yang dikandungnya bisa meningkatkan rasa kenyang sehingga asupan kalori berkurang dan berat badan dapat terkendali. Nutrisi ini juga bantu mempertahankan massa otot yang mampu membakar lebih banyak kalori saat istirahat.

Meski belum ada penelitian yang menunjukkan efek keseluruhan susu kedelai terhadap penurunan berat badan. Jumlah kalori susu ini terbilang rendah sehingga menjadi alternatif yang bagus untuk defisit kalori.

ADVERTISEMENT

Susu kedelai mengandung isoflavon yang berperan dalam mengatur berat badan dengan mempengaruhi hormon terkait nafsu makan dan penyimpanan lemak. Selain itu, susu kedelai yang difortifikasi disebut sebanding dengan susu sapi rendah lemak dari segi kalori, lemak, protein, vitamin D, dan kalium.

Protein susu kedelai juga berkualitas lebih tinggi dibanding susu protein nabati lain, seperti susu almond dan susu oat. Lantaran mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena inilah, susu kedelai direkomendasikan dalam Pedoman Diet untuk Orang Amerika oleh USDA.

Nutrisi Susu Kedelai

Berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 240 ml susu kedelai tawar tanpa pemanis tambahan mengandung:

  • Kalori: 80
  • Protein: 7 g
  • Lemak: 4 g
  • Karbohidrat: 4 g
  • Kalsium: 299 mg
  • Zat besi: 1 mg
  • Magnesium: 38,9
  • Kalium: 299 mg
  • Natrium: 85 mg.

Aturan Minum Susu Kedelai untuk Diet

Susu kedelai secara umum dianggap bergizi dan aman untuk diet turunkan BB. Merujuk Everyday Health yang mengutip dari Pedoman American Institute for Cancer Research (AICR), susu kedelai dapat diminum dalam jumlah sedang yaitu 1-2 cangkir (240-480 ml) per harinya.

Konsumsi kedelai berlebih dianggap berisiko meningkatkan kanker payudara pada wanita. Namun, penelitian menunjukkan minum produk kedelai utuh seperti susu kedelai hingga 3 cangkir setiap harinya tidak dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara.

Selain itu, untuk diet lebih baik konsumsi susu kedelai tawar dibandingkan susu yang mengandung tambahan gula. Nah, itu tadi penjelasan manfaat susu kedelai untuk diet menurunkan berat badan.



Studi Sebut Diet Rendah Lemak Lebih Efektif Dibandingkan Keto

Studi Sebut Diet Rendah Lemak Lebih Efektif Dibandingkan Keto


(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat