thif-live.com

Lagi Radang Tenggorokan? Konsumsi 5 Minuman Hangat Ini

Herbal tea with lemon slice on a white wooden table with chamomile plants and cinnamon.
Foto: iStock

Jakarta -

Radang tenggorokan dialami banyak orang belakangan ini. Untuk mengatasinya bisa dengan mengonsumsi minuman hangat berikut ini.

Di tengah peralihan cuaca yang kerap ekstrem belakangan ini, radang tenggorokan sangat mungkin terjadi. Dengan kondisi imun yang melemah, seseorang mengalami ketidaknyamanan di tenggorokannya.

Saat radang tenggorokan, seseorang akan merasakan perih atau sakit saat menelan. Makan pun jadi tidak nyaman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kabar baiknya, ada beberapa minuman yang bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala radang tenggorokan. Deret minuman ini dapat menghilangkan gatal dan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Berikut beberapa jenis minuman hangat untuk radang tenggorokan, merangkum berbagai sumber.

ADVERTISEMENT

1. Teh chamomile

Teh paling enak dinikmati saat cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh. Namun bukan cuma itu, secangkir teh chamomile hangat juga ternyata bisa meredakan sakit tenggorokan akibat radang.

Aroma yang menenangkan dari teh chamomile bisa membuat orang tidur lebih cepat. Tidur berkualitas dibutuhkan untuk membangun kembali imunitas yang sempat turun saat sakit.

2. Jahe

Hot ginger lemongrass teaFoto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka

Sudah bukan rahasia lagi kalau jahe memiliki manfaat kesehatan yang cukup besar. Jahe mengandung antioksidan yang tinggi. Anda bisa meminum air rebusan jahe hangat saat mengalami radang tenggorokan.

3. Campuran lemon dan madu

Lemon dan madu yang dilarutkan di air hangat juga bisa meredakan sakit tenggorokan.

Lemon mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun. Sementara madu bisa mempercepat pemulihan sakit tenggorokan karena sifat anti-inflamasi dan anti-bakterinya.

4. Susu kunyit

racikan golden milkFoto: iStock

Secangkir susu kunyit hangat bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. Cukup panaskan susu lalu campur dengan bubuk kunyit. Anda bisa menikmatinya selagi hangat.

5. Teh peppermint

Kandungan spearmint yang memiliki efek anti-inflamasi bisa mengurangi pembengkakan dan menenangkan ketika tenggorokan terasa sakit akibat radang.

Minum segelas teh peppermint hangat ketika Anda mengalami sakit tenggorokan.

Artikel ini sudah tayang du CNN Indonesia dengan judul "Nikmati 5 Minuman Hangat Ini untuk Redakan Radang Tenggorokan"

(adr/adr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat