thif-live.com

Lembut Gurih! Roti Baso Ayam Klasik dari Roti Henis di Mangga Besar

Lembut Gurih! Roti Baso Ayam Klasik dari Roti Henis di Mangga Besar
Foto: detikFood

Jakarta -

Terkenal sejak dulu, roti baso ayam ini dicari banyak orang. Cita rasa roti yang enak membuatnya populer dijadikan oleh-oleh dari Jakarta.

Banyak bakery atau toko roti jadul masih bertahan hingga sekarang. Meski usianya sudah puluhan tahun, barisan bakery ini konsisten menawarkan produk roti dan cita rasa klasik yang tak pernah berubah sejak dulu.

Di Jakarta, dari sekian banyak toko kue legendaris, ada toko Roti Henis yang gerainya di Mangga Besar, Jakarta Barat. Roti Henis memiliki beberapa cabang lain di Jakarta, namun yang paling ramai memang gerainya di Mangga Besar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Toko roti ini sejak dulu terkenal dengan varian roti baso ayamnya yang enak. Bahkan saking larisnya, roti ini jadi incaran banyak orang saat berada di Jakarta hingga dijajakan lewat jasa titip atau jastip.

Berikut beberapa fakta menarik seputar Roti Henis di Mangga Besar.

1. Terkenal Sejak Dulu

Lembut Gurih! Roti Baso Ayam Klasik dari Roti Henis di Mangga BesarLembut Gurih! Roti Baso Ayam Klasik dari Roti Henis di Mangga Besar Foto:

Berdiri lebih dari 20 tahun, toko Roti Henis awalnya menempati toko kecil dan sederhana di sekitar Mangga Besar. Popularitasnya mulai meningkat di tahun 2010 karena banyaknya rekomendasi dari mulut ke mulut tentang produk roti mereka.

ADVERTISEMENT

Roti yang paling terkenal adalah roti rasa baso ayam. Roti ini lantas menjadi trademark dari Roti Henis hingga sekarang.

Ukuran roti ini cukup mini, harganya dulu hanya Rp 5.000 saja tapi sekarang sudah Rp 12.000 per buah. Pembeli disarankan membeli paket kotak isi 10 roti harga Rp 120.000 oleh pegawai di Roti Henis.

2. Roti Baso Ayam Klasik

Lembut Gurih! Roti Baso Ayam Klasik dari Roti Henis di Mangga BesarLembut Gurih! Roti Baso Ayam Klasik dari Roti Henis di Mangga Besar Foto:

Sekilas memang tidak ada yang istimewa dari roti ini. Namun setelah dicicip, semua komponen rasanya pas dan rasanya sedap gurih. Tekstur rotinya lembut seperti kapas, tidak ada bagian yang keras sama sekali dan rasanya ringan. Cocok bagi penggemar roti yang tak terlalu suka rasa butter.

Untuk isiannya, bagian ini paling spesial. Meski namanya baso ayam, tapi isiannya berbentuk daging ayam cincang kecap manis. Porsi daging ayamnya royal dan padat, tidak pelit sama sekali.

Rasa manisnya sendiri selain dari kecap ternyata juga menggunakan Tangkueh, sejenis labu kering manis yang sering jadi bumbu di isian bakpao China di Semarang. Makan roti ini sensasinya memang mirip seperti makan bakpao.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat