thif-live.com

Uniknya STMJ Brulee yang Creamy dan Smokey di Blok M

STMJ Bakar di Kedai Hasrat
Foto: /Riska Fitria

Jakarta -

Angkringan ini menawarkan Susu Telur Madu Jahe (STMJ) dengan gaya kekinian. Permukaan STMJ dibakar dengan blow torch dengan tambahan espresso dan cokelat.

STMJ merupakan racikan minuman kesehatan yang biasa ditawarkan di warung jamu atau angkringan. Minuman ini diracik dari susu, telur ayam kampung, madu dan jahe. Karenaya dipercaya bisa memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh,

Mulai dari mengembalikan stamina, mencegah masuk angin, membuat tubuh menjadi bugar, melancarkan pencernaan, menjaga sistem imun, hingga meningkatkan libido.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berbeda dari yang lain, STMJ di angkringan ini diracik dengan lebih kekinian. Angkringan tersebut bernama Kedai Hasrat yang berlokasi di depan Blok M Square.

STMJ Bakar di Kedai HasratVio, pemilik angkringan STMJ Bakar di Kedai Hasrat Foto: /Riska Fitria

Ada menu STMJ Bakar (Rp 20.000), racikan minuman tersebut permukaannya dibakar dengan blow torch sebanyak dua kali, sehingga memberikan aroma dan sensasi rasa smokey yang khas.

ADVERTISEMENT

STMJ dikocok secara manual menggunakan mikser kue. Kemudian, setelah teksturnya kental, baru disajikan di cangkir sampai setengah, lalu dibakar dengan blow torch, kemudian ditambahkan STMJ lagi dan dibakar dengan blow torch lagi.

Vio, pemilik Kedai Hasrat tersebut menjelaskan bahwa proses pembakaran menggunakan blow torch bisa mengurangi kandungan kalori pada telur.

Rasa STMJ-nya sama sekali tak amis, rasa jahenya pun tidak terlalu dominan sehingga tidak mengganggu, tetapi tetap terasa hangat dan berempah. Hasil dari bakaran blow torch terasa lembut creamy.

STMJ Bakar di Kedai HasratSTMJ Bakar di Kedai Hasrat dibanderol Rp 20.000. Foto: /Riska Fitria

Yang tak kalah unik, ada menu unik lainnya, seperti STMJ Kopi Bakar (Rp 25.000). Pada dasarnya, minuman ini menggunakan STMJ biasa, hanya saja ditambah satu shot espresso.

Proses membuatnya juga sama-sama dibakar dengan blow torch. Rasa dan aroma kopinya seimbang dengan racikan STMJ. Dengan sentuhan pahit dan asam dari kopi membuat STMJ semakin tak amis.

Jika ingin yang manis, ada menu STMJ Cokelat Bakar (Rp 25.0000). Menu ini, STMJ-nya ditambahkan bubuk cokelat Nutella. Varian ini memberikan rasa manis yang lebih dominan.

Selain itu, racikannya mengingatkan dengan kue blackforest. Setiap menu juga disajikan dengan air jahe di wadah yang terpisah. Ini bisa ditambah sendiri sesuai selera. Kemudian, juga diberi topping cengkeh utuh yang membuat rasanya berempah dan harum aromanya.

STMJ Bakar di Kedai HasratSTMJ Bakar varian cokelat di Kedai Hasrat dibanderol Rp 25.000. Foto: /Riska Fitria

Vio mengatakan bahwa racikan unik ini terinspirasi dari Paman yang merupakan seorang herbalis. Butuh waktu 6 bulan untuk melakukan riset hingga mendapatkan racikan yang pas.

"Om kerja di herbal yang riset juga om saya. Nah, dia kan ngerti yang kayak gitu, jadi dia riset dulu 6 bulan baru nemu racikan yang pas," tutur Vio.

Kedai Hasrat sendiri sudah berdiri sejak 2010. Saat itu, namanya adalah Batavia Ginger yang masih menawarkan wedangan khas angkringan. Kemudian, pada 2019 berganti konsep.

"Februari 2019 ganti konsep. Namanya jadi Kedai Hasrat dan menunya lebih banyak, termasuk menu STMJ bakar," tutup Vio.

Kedai Hasrat ini buka setiap hari di area lesehan Blok M Square, mulai dari pukul 18.00-00.00.



Simak Video "Cari Makanan Murah di SCBD? Coba ke Kantin Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat