thif-live.com

Renyah dan Manis Pisang Goreng Waras yang Selalu Diantre

Pisang goreng waras
Foto: /Riska Fitria

Jakarta -

Renyah dan manis, pisang goreng ini tengah viral dicari banyak orang. Saking jadi favoritnya, setiap gerai pisang goreng ini selalu kehabisan stok.

Beberapa waktu lalu pisang goreng khas Indonesia dinobatkan sebagai camilan terenak di dunia versi Taste Atlas. Dari hasil polling situs tersebut pisang goreng menempati urutan ke-2.

Ini bukan hal yang mengherankan, mengingat Indonesia memiliki berbagai jenis pisang goreng di setiap daerahnya. Salah satu yang jadi favorit adalah pisang goreng madu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Merek pisang goreng madu pun mulai dikenal banyak orang. Namun, yang tengah viral dan jadi buruan banyak orang ada pisang goreng madu dari Waras atau Warung Tradisional.

Pisang goreng warasPisang goreng waras Foto: /Riska Fitria

Pisang goreng madu pada umumnya berbentuk bundar dan tebal. Dibuat dari adonan tepung dan potongan pisang yang dibentuk dengan cetakan bundar.

ADVERTISEMENT

Ini berbeda dengan pisang goreng madu Waras. Bentuknya irisan kecil sekitar 5 cm lalu dicelup adonan tepung beras dan terigu.

Digoreng hingga adonan 'keriting' dan kering. Ukurannya sekali suap membuat pisang goreng ini semakin gampang dinikmati.

1. Usaha saat Pandemi

Pisang goreng warasWarastuti, owner Warung Tradisional atau Waras. Foto: /Riska Fitria

Warastuti, selaku owner dari Warung Tradisional mengatakan bahwa usaha pisang gorengnya ini berdiri pada masa pandemi. Tepatnya pada bulan Mei 2020.

"Saat itu niatnya hanya untuk bertahan hidup selam pandemi dan juga untuk membantu sesama dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan menyediakan sembako untuk karyawan dan keluarga terdekat," tutur Waras saat ditemui di Warungnya yang berlokasi di Pasar 8 Alam Sutera.

Saat itu, Waras dan sang suami bekerja sama menjalankan usaha pisang goreng dengan penuh keterbatasan ruang dan gerak. Pasalnya, masa itu sedang terapkan PPKM.

2. Bukan hanya pisang goreng

Pisang goreng warasWarung Tradisional tidak hanya menjual pisang goreng. Foto: /Riska Fitria

Lebih lanjut, Warastuti mengatakan bahwa sebenarnya usahanya ini tidak hanya menawarkan pisang goreng saja, melainkan berbagai kudapan lainnya.

Mulai dari risol ragout, kue soes, lupis, bitterballen, jenang, dan ketan. Namun secara kebetulan, menu pisang goreng yang paling laris dan disukai sejuta umat.

Pisang goreng yang diolah menggunakan jenis pisang 'rahasia' ini teksturnya renyah, rasanya manis, dan ada sentuhan pahit dari proses gula yang terkaramelisasi.

Pisang goreng Waras ada di halaman selanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat