thif-live.com

Biji Selasih Terbuat dari Apa? Ini Cara Mengolah dan Manfaatnya

Ilustrasi biji selasih.
Ilustrasi biji selasih. Foto: Freepik/Freepik.

Daftar Isi
  • Biji Selasih Terbuat dari Apa?
  • Cara Mengolah Biji Selasih
  • Manfaat Biji Selasih
  • 1. Sumber Mineral 2. Tinggi Serat 3. Meningkatkan Kesehatan Usus 4. Mengontrol Gula Darah 5. Menurunkan Kolesterol 6. Kaya Flavonoid dan Polifenol 7. Sumber Lemak Omega-3
Jakarta -

Kalian pasti sudah pernah makan biji selasih, kan? Biji selasih sering digunakan sebagai bahan campuran dalam berbagai minuman, misalnya es buah dan es dawet.

Biji ini mungkin tidak memiliki rasa, namun bisa memberikan sensasi berbeda saat minum. Selain itu, biji selasih juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, sehingga baik digunakan sebagai isian dalam minuman.

Jika kamu penasaran biji selasih terbuat dari apa, coba simak dulu penjelasan dalam artikel ini, lengkap dengan cara mengolah dan manfaatnya bagi kesehatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Biji Selasih Terbuat dari Apa?

Dikutip dari buku Sehat Dengan Hidangan Kacang dan Biji-bijian (2009) oleh Made Astawan, biji selasih terbuat dari tanaman selasih atau basil (Basilicus sp). Biji selasih disebut juga biji basil karena berasal dari tanaman yang sama.

Berdasarkan buku Selasih: Tanaman Keramat Multimanfaat (2003) oleh Agus Kardinan, tanaman selasih termasuk dalam genus ocimum dari famili labiatae. Selain diambil bijinya, selasih juga dimanfaatkan daunnya untuk diambil minyaknya.

ADVERTISEMENT

Tanaman ini mirip dengan kemangi yang memiliki aroma sedap dan bisa menghasilkan minyak atsiri. Minyak ini bisa diolah menjadi parfum, kosmetik, pengharum ruangan, sabun, dan pasta gigi.

Cara Mengolah Biji Selasih

Biji selasih dapat ditanam lagi sehingga bisa menghasilkan tanaman yang lebih banyak. Biji tersebut juga bisa diolah untuk isian minuman.

Cara mengolahnya, yaitu dengan mencucinya terlebih dahulu. Kemudian rendamlah biji selasih dengan air hangat hingga mengembang dan bijinya berubah seperti dibungkus selaput putih bening.

Setelah mengembang, tiriskan biji selasih, lalu bisa dicampur dengan es atau puding. Lebih baik membeli biji selasih yang masih dalam bentuk bijian agar awet. Baru ketika mau dibuat campuran minuman atau untuk obat, rendamlah dengan air hangat secukupnya.

Manfaat Biji Selasih

Berikut ini sejumlah manfaat biji selasih yang dikutip dari Healthline:

1. Sumber Mineral

Biji selasih memasok 15% AKG kalsium dan 10% AKG untuk magnesium dan zat besi. Kalsium dan magnesium penting untuk kesehatan tulang dan otot, sementara zat besi penting memproduksi sel darah merah.

2. Tinggi Serat

Biji selasih baik untuk memenuhi kuota serat tubuh. Satu sendok makan atau 13 gram biji selasih bisa memenuhi 7 gram kebutuhan serat, yaitu 25% dari AKG. Ini juga membantu menjaga perut tetap kenyang lebih lama, sehingga menjadi cara efektif untuk kalian yang sedang diet.

3. Meningkatkan Kesehatan Usus

Kandungan pektin pada biji selasih memiliki manfaat prebiotik, yang dapat menyehatkan dan meningkatkan bakteri baik dalam usus.

4. Mengontrol Gula Darah

Penderita diabetes tipe 2 dapat memakan 10 gram (3/4 sendok makan) biji selasih sehari. Dalam sebulan, gula darah mereka setelah makan bisa menurun hingga 17 persen.

5. Menurunkan Kolesterol

Pektin dari biji selasih juga dapat menurunkan kolesterol darah dengan menghambat penyerapan kolesterol di usus.

6. Kaya Flavonoid dan Polifenol

Biji selasih kaya akan flavonoid, polifenol, dan senyawa lainnya. Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini juga mengandung antiinflamasi, antibakteri, dan antikanker. Namun, penelitian pada manusia masih diperlukan.

7. Sumber Lemak Omega-3

Lemak juga bisa diperoleh dari biji selasih. Tanaman ini mengandung rata-rata 2,5 gram lemak per 1 sendok makan (13 gram) sajian.

Nah, detikers sudah tahu kan biji selasih terbuat dari apa? Biji selasih diambil dari tanaman selasih yang kemudian direndam dengan air sehingga bisa menjadi campuran makanan atau minuman.



Simak Video "Santai Bareng Keluarga di Rumah Makan dengan Suasana Perkampungan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat