thif-live.com

10 Manfaat Buah Naga untuk Wajah dan Kecantikan Kulit

ilustrasi jus buah naga
Foto: Getty Images/tashka2000

Daftar Isi
  • Manfaat Buah Naga untuk Wajah
  • 1. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah 2. Mencegah Penuaan Dini 3. Mencerahkan Wajah 4. Meredakan Sengatan Matahari 5. Mengobati Jerawat 6. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah 7. Menjaga Kelembapan Wajah 8. Menenangkan Kulit 9. Meningkatkan Penampilan Wajah 10. Mengurangi Risiko Kanker Kulit
Jakarta -

Buah naga selain enak rasanya, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk wajah maupun kecantikan kulit secara umum karena mengandung vitamin C, vitamin E, protein, magnesium, zat besi, dan nutrisi lainnya.

Buah ini mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Cara konsumsinya bisa langsung dimakan, dijus, dicampur salad, atau dibuat smoothie. Selain itu, buah naga juga bisa dipakai sebagai masker.

Simak artikel ini untuk mengetahui 10 manfaat buah naga untuk wajah dan kecantikan kulit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Manfaat Buah Naga untuk Wajah

Berikut ini 10 manfaat buah naga untuk wajah dan kecantikan kulit yang dilansir dari situs Siloam Hospital dan Be Beautiful:

1. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Manfaat buah naga untuk wajah secara umum adalah dapat menjaga kesehatan kulitnya. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah naga. Buah naga juga mampu mengurangi hiperpigmentasi kulit.

ADVERTISEMENT

2. Mencegah Penuaan Dini

Buah naga mengandung vitamin C yang berperan memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein yang berfungsi menjaga tekstur dan elastisitas kulit.

Untuk itu, buah naga dapat mencegah penuaan dini karena bisa mencegah munculnya garis-garis halus dan penyebab kulit kendur.

3. Mencerahkan Wajah

Kandungan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten dari buah naga memiliki manfaat dapat mencerahkan kulit yang kusam. Hal ini juga berpengaruh pada kulit wajah.

Vitamin C dan antioksidan membantu menghambat produksi melanin atau pigmen kulit yang membuat area tertentu pada kulit tampak lebih gelap. Kadar melanin dapat terus meningkat saat kulit terpapar sinar matahari secara berlebihan.

4. Meredakan Sengatan Matahari

Buah naga bermanfaat meredakan sengatan sinar matahari yang membakar kulit. Sinar UV bisa berdampak negatif pada kulit jika Anda tidak melindunginya.

Nutrisi dari buah naga terbukti sangat membantu dan efektif dalam menenangkan dampak paparan sinar UV yang menyebabkan kemerahan dan peradangan kulit.

5. Mengobati Jerawat

Jerawat sering kali mengganggu penampilan. Manfaat buah naga untuk wajah, salah satunya adalah digunakan untuk perawatan jerawat karena mengandung senyawa antioksidan.

Buah ini juga direkomendasikan sebagai makanan yang dapat mengurangi dan mencegah jerawat karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Indeks glikemik rendah ini membantu mengontrol kadar gula dalam darah, karena makanan manis juga bisa menyebabkan jerawat.

6. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

Minyak atau sebum pada kulit wajah sebenarnya berfungsi penting karena bisa menjaga kelembapan dan kebersihan kulit. Namun, ketika minyak berlebih justru bisa menyumbat pori-pori kulit dan memicu munculnya jerawat dan komedo.

Buah naga ini mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah jika digunakan sebagai masker. Anda bisa mencampurkan buah naga yang sudah dihaluskan dengan air lemon, lalu tambahkan 1 sendok makan oatmeal.

Oleskan masker tersebut ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 20-30 menit. Kemudian bilas wajah hingga bersih. Lanjutkan dengan menggunakan produk perawatan kulit seperti biasa.

7. Menjaga Kelembapan Wajah

Anda dapat menjaga kelembapan wajah dengan mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi, seperti buah naga putih.

Mengkonsumsi buah naga putih dapat membantu mempercantik penampilan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

8. Menenangkan Kulit

Dalam penelitian National Library of Medicine, kandungan vitamin C dan B dari buah naga dapat membantu menenangkan kulit yang mengalami peradangan, kemerahan, hingga gatal-gatal.

Buah naga juga mengandung antibakteri yang dipercaya dapat mencegah infeksi pada area kulit yang terbakar sinar UV.

9. Meningkatkan Penampilan Wajah

Dengan berbagai manfaat yang disebutkan di atas, dapat disimpulkan buah naga mampu menjaga dan meningkatkan penampilan wajah.

Wajah akan terhindar dari penuaan, jerawat, hingga menenangkan kulit yang terpapar sinar matahari.

10. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Manfaat buah naga untuk wajah yang terakhir adalah untuk mengurangi risiko kanker kulit karena mengandung antioksidan tinggi yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, seperti kanker kulit melanoma.

Nah, itulah tadi 10 manfaat buah naga untuk wajah dan kecantikan kulit. Selain enak, ternyata buah naga juga banyak manfaatnya.



Simak Video "Kelezatan Bebek Guling Bumbu Bali di Paon Dwaji"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/inf)

Terkini Lainnya

  • Manfaat Buah Naga untuk Wajah

  • 1. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

  • 2. Mencegah Penuaan Dini

  • 3. Mencerahkan Wajah

  • 4. Meredakan Sengatan Matahari

  • 5. Mengobati Jerawat

  • 6. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

  • 7. Menjaga Kelembapan Wajah

  • 8. Menenangkan Kulit

  • 9. Meningkatkan Penampilan Wajah

  • 10. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

  • 11 Manfaat Buah Naga, Salah Satunya Bisa Bikin Awet Muda Loh!

Tautan Sahabat