thif-live.com

Ini Jenis Minyak Goreng yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Minyak goreng
Foto: Getty Images/rezkrr

Jakarta -

Penderita asam lambung harus menjaga pola makan agar penyakitnya tidak kambuh. Salah satunya dengan memilih jenis minyak goreng yang tepat untuk mengolah makanan.

Penyakit asam lambung banyak diderita orang Indonesia. Gejala umumnya berupa rasa nyeri yang bikin sangat tidak nyaman. Lalu muncul rasa perih pada ulu hati dan tidak nyaman di bagian perut.

Melansir Siloam Hospital, salah satu penyebab kambuhnya asam lambung adalah makanan, diantaranya makanan dengan lemak tinggi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Minyak atau gorengan merupakan pantangan penderita asam lambung sebab merangsang kolesistokinin atau hormon yang menjadi pemicu melemahnya esofagus bagian bawah.

Hal ini kemudian menyebabkan asam lambung lebih mudah naik dan menimbulkan sensasi panas di ulu hati.

ADVERTISEMENT

Selain itu, minyak yang tinggi lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga terjadi pengosongan lambung dan membuat produksi asam lambung meningkat.

Pada dasarnya penderita asam lambung tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berminyak demi mengurangi gejala.

Dilansir dari berbagai sumber, minyak terdiri dari dua jenis, yaitu minyak hewan seperti dari kulit ayam, daging, dan lain-lain. Minyak ini sangat tidak dianjurkan bagi penderita asam lambung.

Minyak gorengMinyak goreng yang paling amana dalah minyak zaitun. Foto: Getty Images/rezkrr

Minyak hewan mengandung kolesterol yang tinggi, sehingga selain berpengaruh terhadap asam lambung, minyak hewan juga bisa meningkatkan risiko darah tinggi, jantung, dan stroke.

Minyak dari tumbuhan tentu lebih baik untuk penderita asam lambung daripada minyak yang berasal dari hewan.

Minyak tersebut salah satunya adalah minyak zaitun yang diketahui memiliki suatu kandungan yang disebut senyawa phenolic yang cukup tinggi.

Senyawa phenolic ini diketahui memiliki efek antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri helicobacter pylori yang menyebabkan terjadinya luka di lambung.

Meskipun aman, Anda harus berhati-hati dalam memilih jenis minyak zaitun yang digunakan.

Menurut Palmura Surgical, minyak zaitun memiliki tingkat keasaman yang berbeda. Salah satu yang aman bagi penderita asam lambung adalah minyak zaitun extra virgin (extra virgin olive oil).

Minyak jenis ini memiliki tingkat keasaman kurang dari 1,5 persen, menjadikannya pilihan minyak zaitun terbaik bagi penderita asam lambung.

Melansir berbagai sumber, kandungan lemak sehat dalam minyak zaitun juga bisa membantu mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan, sehingga mengurangi risiko terjadinya refluks asam.

Minyak Zaitun Bisa Kadaluarsa, Perhatian 5 Cara Memakai dan Menyimanminyak zaitun juga bisa membantu mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan. Foto: Getty Images/iStockphoto/dulezidar

Minyak zaitun ekstra virgin dapat digunakan untuk menggoreng sayuran, daging, atau seafood sebagai alternatif yang lebih sehat daripada minyak goreng biasa.

Meskipun minyak zaitun tergolong sebagai minyak goreng yang aman untuk asam lambung, tapi tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakannya.

Artikel ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul Jangan Asal, Ini Minyak Goreng yang Aman untuk Penderita Asam Lambung



Simak Video "Beli Takjil di Sini Bisa Dapat Minyak Goreng dengan Harga Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat