thif-live.com

10 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Stabilkan Tekanan Darah-Kolesterol

Racikan jus air kelapa muda dan kurma yang menyehatkan menurut dr. Zaidul Akbar
Foto: dok. dr Zaidul Akbar, iStock

Daftar Isi
  • Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan
  • 1. Menyeimbangkan Elektrolit Tubuh 2. Melindungi dari Radikal Bebas 3. Menstabilkan Kadar Gula Darah 4. Menjaga Fungsi Otot 5. Bantu Cegah Batu Ginjal 6. Menurunkan Tekanan Darah 7. Menghidrasi Tubuh 8. Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi 9. Menurunkan Kadar Kolesterol 10. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Jakarta -

Air kelapa paling pas diminum saat cuaca terik. Rasanya yang manis sangat menyegarkan ketika diteguk langsung. Terlebih kalau ada daging kelapanya yang lembut, benar-benar nikmat.

Selain diminum langsung, air kelapa dapat digunakan untuk masakan. Bisa memberi rasa manis alami tanpa menambah gula dan dapat membuat nasi menjadi pulen.

Tapi tahu nggak sih, ternyata ada sejumlah khasiat air kelapa bagi kesehatan tubuh, lho. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khasiatnya ini berkat nutrisi vitamin dan mineral penting yang terkandungnya. Berikut manfaat air kelapa yang dikutip dari Healthline dan Verywell Health.

1. Menyeimbangkan Elektrolit Tubuh

Air kelapa mengandung elektrolit alami yang tinggi, seperti natrium, magnesium, kalsium, dan kalium. Ketika olahraga, kadar elektrolit dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan elektrolit juga dapat terjadi ketika tubuh kehilangan banyak cairan, seperti setelah muntah atau diare.

ADVERTISEMENT

Air kelapa dapat diminum untuk menyeimbangkan kembali kadar elektrolit tubuh. Elektrolit sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh.

Kadar elektrolit yang terus-menerus tidak seimbang dapat menyebabkan berbagai gangguan fungsi organ.air kelapa dapat diminum.

2. Melindungi dari Radikal Bebas

Radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif yang bisa merusak sel-sel dan meningkatkan risiko terkena penyakit.

Air kelapa mengandung antioksidan yang bantu memodifikasi radikal bebas sehingga tak lagi berbahaya bagi kesehatan.

3. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Air kelapa merupakan sumber magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Pada pengidap diabetes tipe 2 dan pra diabetes, minuman ini bisa bantu menstabilkan kadar gula darah.

Namun perlu diingat, air kelapa mengandung karbohidrat yang dapat dipecah menjadi gula di dalam tubuh. Jadi pengidap diabetes perlu berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Kalau bisa, berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

4. Menjaga Fungsi Otot

Kalium atau potasium termasuk nutrisi yang dibutuhkan tubuh tapi kebanyakan orang tidak cukup mendapatkan nutrisi ini. Padahal, potasium sangat baik untuk bantu meningkatkan fungsi otot.

5. Bantu Cegah Batu Ginjal

Konsumsi cukup cairan bagus untuk mencegah batu ginjal. Namun air kelapa disebut bisa berkhasiat lebih baik dibandingkan air biasa.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain bergabung dan membentuk kristal dalam urine yang kemudian berubah menjadi batu-batu kecil. Air kelapa dapat bantu menurunkan risiko batu ginjal dengan mengurangi pembentukan kristalnya.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa mengandung tinggi kalium. Konsumsi makanan kaya kalium dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung secara menyeluruh. Penelitian menunjukkan air kelapa bisa menurunkan tekanan darah pada pengidap hipertensi.

Akan tetapi, orang yang sedang mendapatkan pengobatan tekanan darah sebaiknya berdiskusi terlebih dulu dengan dokter jika hendak minum air kelapa. Lantaran minuman ini bisa menurunkan tekanan darah terlalu banyak.

7. Menghidrasi Tubuh

Karena kandungan elektrolitnya juga, air kelapa bagus diminum untuk menghidrasi tubuh terutama setelah berolahraga.

Air dari buah kelapa ini disebut sebanding dengan minuman olahraga lain, tetapi lebih rendah kalori dan karbohidrat.

8. Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi

Kadar kalsium yang tidak tercukupi berisiko menyebabkan kepadatan tulang rendah, pengeroposan tulang, dan tulang yang lebih lemah.

Dengan minum air kelapa, kandungan fosfat dan kalsiumnya bagus untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol

Air kelapa mengandung sekitar 94 persen air dan hanya sedikit lemak. Karena itu, minuman ini bagus untuk pengidap kolesterol tinggi.

Penelitian menemukan air kelapa juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Di sisi lain, minum air kelapa bisa bantu mengurangi risiko penyakit jantung.

10. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Menurut studi, air kelapa bersifat antimikroba. Ini bagus untuk bantu melawan jerawat. Dan air kelapa juga memiliki efek antioksidan yang dapat mengurangi dampak radikal bebas seperti penuaan dini.

Nah, itu tadi sederet manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh.



Simak Video "Kelezatan Nasi Pedas Tempe 'Basi' Khas Desa Jontro"
[Gambas:Video 20detik]
(azn/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat