thif-live.com

Ini Bedanya Rasa Kopi yang Diproses Natural dan Washed

Kopi Tanpa Biji Kopi Diprediksi Bakal Jadi Tren di Masa Depan
Foto: Getty Images/Chattrawit phonsan

Jakarta -

Cita rasa kopi ternyata berbeda-beda tergantung jenis dan proses pengolahannya. Kopi dengan proses natural dan washed ini juga memiliki perbedaan rasa.

Kopi merupakan minuman yang baik dikonsumsi setiap hari untuk kesehatan tubuh. Manfaat sehatnya berasal dari kafein yang dapat berfungsi sebagai zat antioksidan.

Cita rasa kopi pada dasarnya pahit, tapi ada beberapa sentuhan nutty, fruity, smoky, dan lainnya. Ternyata, cita rasa yang berbeda ini tergantung pada beberapa faktor.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Proses pengolahannya juga bisa menjadi faktor penentu cita rasa secangkir kopi. Fugol Coffee Roasters di Instagram mengungkapkan fakta menarik soal cita rasa kopi tergantung pada proses pengolahannya.

"Apa perbedaan rasa pada kopi proses Natural dan kopi proses Washed?" begitu keterangan yang dituliskan Fugol Coffee Roaster (2/6).

ADVERTISEMENT

Merujuk pada pembahasannya, jenis kopi yang akan dibahas ini berbeda dari proses pengolahannya. Biji kopi melewati proses pencucian maupun tidak.

Bagaimana proses itu dilakukan?

Pada kopi dengan proses natural, ceri kopi yang dipetik ini memiliki proses pengeringan dengan cara dijemur langsung di bawah sinar matahari. Tidak ada proses pencucian sebelumnya.

Lalu, selama proses penjemuran, ceri kopi ini dibolak-balik agar kering secara merata. "Kopi dijemur sampai mencapai kadar air yang diinginkan untuk kemudian dikupas menjadi green beans," jelas Fugol Coffee Roaster, seperti dikutip (9/6).

Sedangkan, kopi dengan proses washed, biji kopi akan dipisahkan dari buahnya menggunakan mesin. Proses ini juga meliputi fermentasi dan pencucian dengan air untuk menghilangkan lendirnya.

Setelah proses fermentasi selesai dan pencucian untuk menghilangkan lendir itu benar-benar hilang, lalu biji kopi dikeringkan. Pengeringan biji kopi ini harus mencapai tingkat moisture 11-12 persen.

Lantas, seperti apa rasa kopi yang dihasilkan dari proses pengolahan ini?

Pada kopi proses natural, cita rasanya akan memiliki sentuhan notes buah-buahan. "Memiliki tingkat sweetness yang lebih tinggi dan body yang tebal," ungkap Fugol Coffee Roasters.

"Kopi washed cenderung memiliki tingkat acidity yang tinggi, lebih bersih, serta body yang ringan dan lembut," keterangan yang diberikan Fugol Coffee Roasters.



Simak Video "Anjuran Kopi dan Teh Tak Dikonsumsi saat Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat