thif-live.com

Minum Cokelat Panas Bisa Turunkan Berat Badan, Apa Benar?

Kopi vs Cokelat, dua minuman dengan beragam manfaat kesehatan. Mana yang lebih sehat?
Foto: iStock

Jakarta -

Sebagian orang menganggap minum cokelat bikin gemuk. Namun, ada juga pendapat bahwa cokelat panas bisa membantu turunkan berat badan. Lantas, apakah benar?

Cokelat seringkali dianggap sebagai makanan manis yang mengandung banyak gula. Makan atau minum olahan cokelat disebut bukanlah pilihan terbaik karena bisa mengganggu kesehatan.

Memang benar, tetapi tidak semua jenis cokelat memberi efek buruk seperti itu. Dark chocolate terutama, yang memiliki kandungan cokelat sebanyak 50 sampai 100 persen terbukti menyehatkan dibanding dengan jenis cokelat lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di dalam dark chocolate terdapat kandungan flavonol sebagai senyawa flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung dan mampu menurunkan tekanan darah. Jenis cokelat seperti inilah yang mampu memberi manfaat terbaik.

Steve Bennett, seorang pelatih kesehatan menyebut, minum satu cangkir minuman yang terbuat dari dark chocolate per hari sebenarnya dapat membantu menurunkan berat badan. Sebab, mengandung serat yang dapat menahan rasa lapar.

ADVERTISEMENT

"Memiliki lebih banyak serat dalam makanan membuat kamu makan lebih sedikit dan kenyang lebih lama," ujarnya.

Young woman eating chocolate at homeCokeletat hitam pekat dan bubuk kakao dengan kandungan cokelat hitam tinggi sebenarnya baik dikonsumsi. Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative

Di dalam minuman cokelat, terdapat bubuk kakao yang menjadi bahan utama. Di dalam bubuk kakao inilah terkandung serat yang tinggi, lapor nypost.com (25/05/2024).

Namun, perlu diingat, minuman cokelat baru memberi manfaat baik ketika diminum tanpa pemanis. Untuk menghindari bubuk cokelat panas dengan pemanis seperti yang ditawarkan banyak merek, Bennett menyarankan untuk membuatnya sendiri.

Ahli kesehatan itu menggunakan 200 mililiter atau sekitar 3/4 cangkir susu hangat dengan 2 sendok makan bubuk kakao, dan dua sendok teh stevia, pemanis dengan kalori nol.

Menurut Bennett, ketika seseorang diet dengan mengutamakan serat, mereka bisa memakan apapun setelah-nya. Namun, pada akhirnya akan makan lebih sedikit karena sudah merasa lebih kenyang.

minuman cokelatMinuman cokelat diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. Foto: iStock

Serat membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik, dan penyerapan air yang cukup untuk kesehatan usus.

Menurut Healthline, serat juga dapat mengurangi lonjakan gula darah setelah mengonsumsi makanan kaya karbohidrat, Namun, jika tidak ingin cokelat panas, bisa memilih makanan kaya serat lainnya, seperti buah beri, kacang-kacangan, gandum, hingga biji-bijian.

Namun, kamu juga tidak boleh mengonsumsi serat berlebihan. Para ahli yang disebutkan nypost.com mengungkap, terlalu banyak serat dapat menyebabkan gangguan pencernaan.



Simak Video "Unik! Cokelat Telur Paskah Bertema Olahraga Jelang Olimpiade Paris"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat