thif-live.com

Agar Pencernaan Lancar, Rutinlah Konsumsi 5 Bahan dari Dapur Ini

Ilustrasi radang usus buntu
Foto: Shutterstock

Jakarta -

Bahan makanan yang mudah ditemukan di dapur ini dapat menlancarkan pencernaan dan menyehatkan usus. Mulai dari teh hingga jahe.

Masalah pencernaan bisa disebabkan karena adanya gangguan pada usus. Kesehatan usus ini bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Dilansir dari Food NDTV dan Tencha (4/6), makanan sehat yang dimaksud banyak terdapat dalam stok di dapur. Seperti teh, jahe, hingga gula batu. Bahan-bahan ini dapat dijadikan racikan minuman atau makanan yang menyehatkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut 5 bahan makanan di dapur yang sehatkan usus:

1. Jahe

Jahe tak hanya berguna untuk bumbu dapur pada masakan. Rempah populer ini kerap dijadikan racikan minuman herbal.

Kesehatan pencernaan juga dapat didukung dengan mengonsumsi teh jahe. Jahe digunakan untuk memengaruhi motilitas gastrointestinal yaitu proses mengolah makanan melalui pencernaan.

ADVERTISEMENT

Sebuah studi menemukan bahwa jahe memiliki efek yang positif pada proses mencerna makanan. Efek lainnya membantu disritmia atau suatu kelainan yang mengganggu pergerakan makanan melalui sistem pencernaan.

2. Gula Batu

gula batugula batu Foto: Getty Images/iStockphoto/S847

Gula batu terbilang jenis gula yang sehat, karena tidak melalui proses yang panjang ketika membuatnya. Ini adalah bentuk gula paling murni yang bebas dari bahan kimia.

Sejak dulu gula batu kerap digunakan sebagai pemanis dalam pengobatan tertentu. Gula batu ini juga kerap digunakan di daerah.

Jenis gula yang alami ini banyak digunakan sebagai pengganti gula putih. Bermanfaat sekali untuk penderita PCOS, obesitas, hingga masalah pada kesehatan usus.



Simak Video "Kelezatan Nasi Pedas Tempe 'Basi' Khas Desa Jontro"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat