thif-live.com

6 Susu untuk Diet, Rendah Kalori dan Kaya Nutrisi

5 Manfaat Konsumsi Susu Almond, Susu Nabati yang Kaya Nutrisi
Susu almond, salah satu susu yang bagus untuk diet. Foto: Getty Images/Kritchai Chaibangyang

Daftar Isi
  • Rekomendasi Susu yang Bagus untuk Diet
  • 1. Susu Sapi 2. Susu Kedelai 3. Susu Almond 4. Hemp Milk 5. Cashew Milk 6. Susu Flaxseed
Jakarta -

Diet berarti kegiatan mengatur pola makan untuk berbagai tujuan, mulai dari alasan kesehatan sampai menurunkan berat badan. Orang yang sedang berdiet mungkin pernah mendengar saran untuk menghindari susu.

Padahal, susu tetap boleh diminum saat diet, lho. Ada berbagai jenis susu yang rendah kalori dan kaya akan nutrisi, sehingga tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang cukup walau sedang diet.

Rekomendasi Susu yang Bagus untuk Diet

Mengutip Zoe, perusahaan ilmu kesehatan yang berbasis di Amerika Serikat merokemdasikan beberapa susu yang baik untuk diet, yaitu:

1. Susu Sapi

Susu sapi seringkali disebut tinggi lemak sehingga dihindari oleh orang yang sedang berdiet. Padahal, susu sapi kaya akan nutrisi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Susu sapi juga umumnya tidak melalui banyak proses kimiawi. Produsen susu sapi biasanya melakukan proses pasteurisasi untuk menghilangkan bakteri jahat. Tetapi, proses ini tidak mengurangi nutrisi dalam susu sapi.

Jika kamu sedang berdiet, kamu bisa memilih susu sapi rendah lemak. Kalori dan total lemaknya lebih sedikit, tetapi kadar nutrisi lainnya seperti kalsium, protein, dan potasium tidak berubah.

ADVERTISEMENT

Sebagai perbandingan, 1 gelas (240 mililiter) susu sapi biasa mengandung 149 kalori, sementara susu sapi rendah lemak mengandung 122 kalori.

Tetapi, jika kamu intoleran terhadap laktosa, susu sapi sulit dicerna. Untungnya, tersedia juga susu sapi yang bebas laktosa. Kadar nutrisi susu sapi bebas laktosa sama dengan susu sapi biasa.

2. Susu Kedelai

Alternatif susu untuk diet selanjutnya adalah susu kedelai. Kalorinya lebih sedikit daripada susu sapi, tetapi kandungan proteinnya sama. 1 gelas susu kedelai yang tidak diberi pemanis mengandung 92,7 kalori saja.

Susu kedelai juga mengandung kalsium dengan kadar yang berbeda-beda. Produsen susu kedelai biasanya menambahkan vitamin, seperti vitamin A, B12, dan D.

Mengutip Healthline, dibandingkan sumber protein nabati lainnya, susu kedelai memiliki kandungan asam amino yang paling lengkap. Asam amino bisa disebut balok-balok pembangun protein yang dibutuhkan tubuh.

Protein yang didapat dari susu kedelai sama baiknya dengan protein dari produk hewani, seperti susu sapi.

3. Susu Almond

Selanjutnya ada susu almond yang juga baik untuk diet. Sebab, 1 gelas susu almond tanpa pemanis hanya mengandung 36,6 kalori.

Susu almond dibuat dengan merendam kacang almond dan menyaring air yang didapatkan. Sehingga, kebanyakan nutrisinya menghilang. Oleh karena itu, produsen kerap menambahkan vitamin dan mineral pada susu almond.

4. Hemp Milk

Hemp milk dibuat dari biji tanaman hemp yang direndam dan digiling menggunakan air. Warna, tekstur, dan bahkan rasanya mirip dengan susu sapi asli.

Susu hemp mengandung jauh lebih sedikit kalori dibandingkan susu sapi, sehingga bisa jadi alternatif susu untuk diet. 1 gelas susu hemp mengandung 60 kalori saja. Selain kalori, kandungan karbohidratnya juga lebih rendah dari susu sapi.

Susu hemp yang dibeli di pasaran biasanya telah diberi tambahan vitamin dan mineral. Pastikan membaca kemasan untuk mengetahui informasi gizinya.

5. Cashew Milk

Cashew milk terbuat dari cashew atau yang kita kenal sebagai kacang mete. Mengutip Nutritionix, 1 gelasnya hanya mengandung 57 kalori saja.

Mengutip University of Pittsburgh Medical Center, cashew milk baik untuk diet karena mengandung asam anakardat, yang bertugas mencegah penimbunan lemak saat sel-sel lemak sedang terbentuk.

6. Susu Flaxseed

Alternatif susu untuk diet selanjutnya adalah susu flaxseed. Susu ini terbuat dari flaxseed atau biji rami yang dicampur air.

Mengutip Milky Plant, susu flaxseed kaya akan nutrisi seperti omega 3 yang baik untuk fungsi hati dan otak.

Untuk menurunkan berat badan, susu flaxseed bisa jadi pilihan, sebab susu ini rendah kalori. 1 gelas susu flaxseed mengandung 49 kalori saja. Selain itu, susu flaxseed kaya akan serat yang membantu kita merasa kenyang lebih lama.

Itu dia jenis-jenis susu yang rendah kalori tetapi kaya nutrisi sehingga baik untuk kamu yang sedang berdiet menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat!



Simak Video "Laksan Khas Palembang yang Cocok Jadi Menu Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/khq)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat